Kamis, 31 Maret 2011

Aku dan Panca Inderaku


MODUL ANAK-ANAK (2)

AKU DAN PANCA INDERA KU

ANAK ANAK KU…?  SIAPAKAH PENCIPTA LANGIT DAN BUMI..?

+ ALLAAAAAAH…

002:117 Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "Jadilah". Lalu jadilah ia.

LALU SIAPAKAH PENCIPTA MANUSIA….?

+ ALLAAAAH…

002:021 Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa.

NAH ANAK ANAK KU…DI DALAM TUBUH KITA DILENGKAPI APA SAJA…?  HAYO ADA YANG TAHU…? 
YOK KITA BUKA AYATNYA….

032:009 Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalam (tubuh) nya roh (ciptaan) -Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur.

012:094 Tatkala kafilah itu telah keluar (dari negeri Mesir) berkata ayah mereka: "Sesungguhnya aku mencium bau Yusuf, sekiranya kamu tidak menuduhku lemah akal (tentu kamu membenarkan aku)".

041:020 Sehingga apabila mereka sampai ke neraka, pendengaran, penglihatan dan kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka tentang apa yang telah mereka kerjakan.

024:024 pada hari (ketika), lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.

010:100 Dan tidak ada seorang pun akan beriman kecuali dengan izin Allah; dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya.  .

DARI AYAT TERSEBUT DIATAS, SELAIN ROH ?  TUBUH KITA DILENGKAPI APA SAJA…?
PERTAMA   : PENDENGARAN
KEDUA         : PENGLIHATAN
KETIGA        : PERASAAN / HATI
KEEMPAT    : PENCIUMAN
KE LIMA       : PERABA’AN / KULIT

DIBANTU DENGAN LIDAH MULUT TANGAN DAN KAKI SERTA AKAL PIKIRAN….
JADI ANAK ANAK KU, KALAU DIHITUNG ADA BERAPA KELENGKAPAN DI TUBUH KITA….?

+ ADA SEPULUUUUH….

COBA SEBUTKAN SATU PER SATU…?

+ PERTAMA PENDENGARAN…KEDUA PENGLIHATAN…KETIGA PERASAAN…KEEMPAT PENCIUMAN…DAN YANG KELIMA PERABA’AN…

DIBANTU OLEH : LIDAH…MULUT…TANGAN…KAKI..DAN AKAL PIKIRAN….

KALAU KITA MATI NANTI…? KIRA KIRA KESEPULUH KELENGKAPAN TUBUH KITA INI DITANYA GAK YAAA..?

+ DITANYAAAA…

YOK KITA LIHAT PERTANYAAN ALLAH PADA SAAT KITA MATI NANTI…?

041:019 Dan (ingatlah) hari (ketika) musuh-musuh Allah digiring ke dalam neraka lalu mereka dikumpulkan (semuanya).

041:020 Sehingga apabila mereka sampai ke neraka, pendengaran, penglihatan dan kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka tentang apa yang telah mereka kerjakan.

041:021 Dan mereka berkata kepada kulit mereka: "Mengapa kamu menjadi saksi terhadap kami?" Kulit mereka menjawab: "Allah yang menjadikan segala sesuatu pandai berkata telah menjadikan kami pandai (pula) berkata, dan Dia-lah yang menciptakan kamu pada kali yang pertama dan hanya kepada-Nyalah kamu dikembalikan.

024:024 pada hari (ketika), lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.

036:065 Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.

WADDUH…!!!!!!!!  .PENDENGARAN KITA DITANYAPENGLIHATAN KITA DITANYAPERASAAN KITA DITANYAPENCIUMAN KITA DITANYAPERABA’AN KITA DITANYALIDAH KITA DITANYAMULUT KITA DITANYA…TANGAN KITA DITANYA…KAKI KITA DITANYAPIKIRAN KITA JUGA DITANYA…

YANG LEBIH GAWAT LAGI ANAK ANAK KU…TERNYATA SEMUA YANG ADA DITUBUH KITA BISA BICARA LHO…!!!!
TANGAN BISA NGOMONG…KAKI BISA NGOMONG…KULIT BISA NGOMONG….
BERARTI KALAU ANAK ANAK KU PERNAH MENCURI PENA MISALNYA….KIRA KIRA DI AKHERAT NANTI TANGANNYA BISA NGOMONG NGGAK…?

+ BISAAAAAA…

TERUS KALAU MULUTNYA YANG SUKA BOHONG MENGGUNJING…SUKA MENGHINA…SUKA MEMBENTAK….KIRA KIRA DI AKHERAT NANTI BISA NGAKU NGGAK…?
+ BISAAAAA….

NAH…AGAR  ANAK ANAK KU TIDAK DIJILAT API NERAKA DI AKHERAT  NANTI….PANCA INDERA KITA HARUS DISUCIKAN NGGAK…?

+ HARUUUUS…

MENSUCIKAN PANCA INDERA PAKAI APA…?  HAYO…ADA YANG TAHU…?
NIH..APA BEDANYA MEMBERSIHKAN BADAN DENGAN MENSUCIKAN PANCA INDERA…?
KALAU MEMBERSIHKAN BADAN NAMANYA MANDI….TAPI KALAU MENSUCIKAN PANCA INDERA NAMA NYA WUDHU…
ANAK ANAK KU YANG SUDAH MANDI, BILA INGIN SHALAT MASIH DISURUH WUDHU NGGAK…?

+ MASIIIIIIH…

BERARTI MANDI SAMA WUDHU, BEDA NGGAK…?

+ BEDAAAA…

APA HAYO BEDANYA…?  KALAU MANDI ITU MEMBERSIHKAN BADAN, TAPI KALAU WUDHU ITU MENSUCIKAN PERTANGGUNG JAWABAN DI HADAPAN ALLAH….

005:006 Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit [403] atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh [404] perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.
.
BERARTI KALAU MEMBASUH MULUT  ATAU  BERKUMUR…? YANG DIBERSIHKAN MULUTNYA…ATAU YANG DISUCIKAN ADALAH UCAPANNYA…?

+ UCAPANNYAAAA…AGAR TIDAK MENGHINA ORANG LAIIIIN…

KALAU YANG DIBASUH MUKA NYA…? BERARTI  YANG DISUCIKAN APANYA…?

+ PENGLIHATAN DAN PIKIRANNYAAAA….AGAR TIDAK BERPRASANGKA BURUUUUK….

KALAU YANG DIBASUH  TELINGANYA…?  BERARTI YANG DISUCIKAN APANYA…?

+ PENDENGARANNYAAAA…AGAR TIDAK MAU DIAJAK GHOSIIIIP…

KALAU YANG DIBASUH TANGANNYA….?  BERARTI YANG DISUCIKAN APANYA…?

+ TANDA TANGANNYAAAAA AGAR TIDAK KORUPSIIII…

KALAU YANG  DIBASUH KAKI NYA…?  BERARTI YANG DISUCIKAN APANYA…?

+ LANGKAHNYAAAA .. AGAR DUIT NYA TIDAK BOROS BOROS KE MALL…TAPI SELALU ZAKAT MAL KE ANAK YATIM DAN ORANG MISKIIIN….

NAH, ANAK ANAK KU…?  AGAR HATI KITA…PENGLIHATAN KITA…DAN PENDENGARAN KITA SELAMAT DISISI ALLAH DAN TIDAK MASUK NERAKA…?  KIRA KIRA HARUS DIAPAIN YAAAA…?

+ DISUCIKAAAAN….

CARA MENSUCIKAN SELAIN WUDHU, DIPAKAI UNTUK APA…?

HAYO ADA YANG TAHU…?
YOK KITA LIHAT AYATNYA…

007:179 Dan sesungguhnya Kami jadikan untukb mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.

HAYO…?  BAGI YANG TIDAK INGIN MASUK NERAKA, HATINYA DIPAKAI UNTUK APA…?

+ MEMAHAMI AYAT AYAT ALLAAAAAH….

012:002 Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Qur'an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.

MATA NYA UNTUK APA…?

+ MELIHAT TANDA TANDA KEBESARAN ALLAAAAH…

041:053 Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Qur'an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu?


PENDENGARAN NYA UNTUK APA…?

+ MENDENGARKAN AYAT AYAT ALLAAAAH…

007:204 Dan apabila dibacakan Al Qur'an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat [591].

LALU TANGAN NYA UNTUK APA…?

+ MEMBERIIIII ATAU SODAKOOOH….

003:092 Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebaikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.

MULUTNYA UNTUK APA…?

+ BACA ALQURAAAAAN…

029:045 Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur'an) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah adalah lebih utama. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

NAH, ANAK ANAK KU….UNTUK MENSYUKURI PANCA INDERA YANG ALLAH BERIKAN  KEPADA KITA…. ?  BOLEH NGGAK TANGAN KITA UNTUK MENCURI  ATAU KORUPSI…??

+ TIDAK BOLEEEH….
005:038 Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.


BOLEH GAK ANAK ANAK KU, TANGAN KITA UNTUK MERUSAK…?

+ TIDAK BOLEEEH…

028:077 Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

OH  IYAA…MULUT KITA YANG DIKASIH ALLAH INI BOLEH NGGAK UNTUK MENGHINA, MENGGUNJING ORANG LAIN ATAU MEMBENTAK ORANG TUA..….?

+ TIDAK BOLEEEEH…

LALU PIKIRAN KITA YANG DIKASIH ALLAH INI BOLEH NGGAK UNTUK BERPRASANGKA BURUK…?

+ TIDAK BOLEEEH…

049:012 Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.

017:023 Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia [850].

049:011 Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri [1410] dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman [1411] dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.

BERARTI KALAU ANAK ANAK KU MEMBENTAK OARANG TUA…MENGGUNJING ORANG LAIN….MERUGIKAN ORANG LAIN…MENCURI…MERUSAK…SUKA MARAH…SUKA DENGKI…SUKA IRI HATI…?  KIRA KITA WUDHU NYA BATAL NGGAK…?

+ BATAAAAAAL….

SHALAT NYA….?

+ BATAL LAH YAUUUW….KAN SHALAT ITU MENCEGAH PERBUATAN KEJI DAN MUNGKAR…

029:045 Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur'an) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah adalah lebih utama. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

NAH SUPAYA SHALATNYA GAK BATAL, HARUS NGAPAIN…?

+ SHALATNYA 5 WATU DIIRINGI DENGAN BERBUAT BAIIIIK…

 ----------------------SELESAI-----------------------------------------------------
  
BUKU PINTER UNTUK PENGASUH  :

PENCIPTA LANGIT DAN BUMI  2:117,  PENCIPTA MANUSIA  2:21,  PANCA INDERA ( PENDENGARAN, PENGLIHATAN, PERASAAN, PENCIUMAN, PERANBAAN )  32:9,  12:94,  41:20,  DIBANTU DENGAN LIDAH MULUT TANGAN KAKI DAN AKAL PIKIRAN  24:24,  36:65,  10:100,  SEMUA KOMPONEN DITANYA MAKA PERLU DISUCIKAN ATAU WUDHU  5:6,  MENSYUKURI PANCA INDERA UNTUK KEMBALI MEMAHAMI AYAT AYAT ALLAH  7:179,  7:204,  29:45,  AGAR TIDAK MERUSAK,, MERUGIKAN ORANG LAIN, MENGGUNJING, MENGHINA, MEMBENTAK, MENCURI DSB NYA   28:77,  49:11,12,  17:23,  5:38
  
TULISAN INI MASIH BERUPA KONSEP YANG MASIH PERLU KOREKSI DAN TAMBAHAN DARI TEMAN TEMAN DEMI SEMPURNA NYA AKHLAQ ANAK ANAK KITA KE DEPAN….AMIN ALLAHUMMA AMIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar