Kamis, 31 Maret 2011

Aku dan Lingkunganku


MODUL ANAK-ANAK (3)


AKU DAN LINGKUNGAN KU


ANAK ANAK KU….?  LINGKUNGAN ITU APA…?

LINGKUNGAN ITU ADALAH : SEUATU YANG BERADA DI DIRI KITA, DI SEKITAR KITA, BAIK DALAM BENTUK ALAM MAUPUN HUKUM YANG MENGIKAT DIRI KITA MASING MASING…..

SAWAH LADANG…SUNGAI SUNGAI…PEPOHONAN DAN BURUNG BURUNG YANG BERADA DI SEKITAR KITA ADALAH BAGIAN DARI LINGKUNGAN KITA YANG HARUS KITA SELAMATKAN.. PERATURAN YANG MENJADI KESEPAKATAN DI LINGKUNGAN KITA HARUS KITA TEGAKKAN …

KALAU ANAK ANAK KU MELIHAT BUNGA ATAU KEMBANG YANG BERWARNA WARNI,  KIRA KIRA BOLEH NGGAK TANAMAN TANAMAN ITU DIRUSAK ATAU DIBINASAKAN…?

+ NGGAK BOLEEEEH…

KALAU MELIHAT BINATANG BINATANG YANG ELOK DAN BERMANFAAT,  BOLEH NGGAK DIBINASAKAN…?

+ NGGAK BOLEH JUGAAAA…
.
002:205 Dan apabila ia berpaling (dari kamu), ia berjalan di bumi untuk mengadakan kerusakan padanya, dan merusak tanam-tanaman dan binatang ternak, dan Allah tidak menyukai kebinasaan [130].

BERARTI APA YANG MENJADI PERILAKU KITA, TERIKAT  NGGAK DENGAN LINGKUNGAN KITA…?

+ TERIKAAAT…..

COBA APA CONTOHNYA YANG MEMBUAT ANAK ANAK PASTI TERIKAT DENGAN  LINGKUNGAN KITA…?

HAYO APA….?  NIH CONTOHNYA, KALAU ANAK ANAK MAU MEMASUKI RUMAH TETANGGA ?  BOLEH NGGAK SE ENAKNYA SENDIRI….

+ NGGAK BOLEEEEH…..

KALAU ANAK ANAK MEMASUKI RUMAH ORANG LAIN TANPA SALAM ATAU TANPA IZIN…?  KIRA KIRA DIMARAHI NGGAK OLEH PEMILIKNYA…?

+ DIMARAAAAAHI…

024:027 Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.

TERUS KALAU PEMILIKNYA TIDAK ADA DI TEMPAT, ANAK ANAK TETAP LAMA LAMA DI SANA ATAU SEGERA TINGGALKAN SAJA….

+ SEGERA DITINGGALKAAAAN..

024:028 Jika kamu tidak menemui seorang pun di dalamnya, maka janganlah kamu masuk sebelum kamu mendapat izin. Dan jika dikatakan kepadamu: "Kembali (saja) lah", maka hendaklah kamu kembali. Itu lebih bersih bagimu dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

BOLEH NGGAK YAA MEMASUKI RUMAH ORANG LAIN ITU DARI PINTU BELAKANGNYA…? ATAU SEBAIKNYA MEMASUKI RUMAH ITU DARI PINTU DEPAN…?

+ PINTU DEPAAAAN

002:189 Mereka bertanya kepadamu tentang bulan sabit. Katakanlah: "Bulan sabit itu adalah tanda-tanda waktu bagi manusia dan (bagi ibadat) haji; dan bukanlah kebajikan memasuki rumah-rumah dari belakangnya [116], akan tetapi kebajikan itu ialah kebajikan orang yang bertakwa. Dan masuklah ke rumah-rumah itu dari pintu-pintunya; dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.

TERUS ANAK ANAK KU KALAU MENDAPAT SALAM , ATAU MENDAPAT PENGHORMATAN DARI ORANG LAIN, KIRA KIRA HARUS DIJAWAB NGGAK…? ATAU DIDIAMKAN SAJA…?

+ DIJAWAAAB…

004:086 Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa) [327]. Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu.

BERARTI KALAU LINGKUNGAN KITA MENGAJAK KITA BERDIRI….?  KITA HARUS IKUT APA ?

+ IKUT BERDIRIIIIII…

KALAU NGAJAK DUDUK…?

+ IKUT DUDUUUUK…

058:011 Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majelis", maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

BERARTI UNTUK MENJAGA KEBERSAMAAN DI LINGKUNGAN KITA, KIRA KIRA KALAU ADA ORANG YANG SEDANG SAKIT…SEDANG KEKURANGAN…SEDANG KESUSAHAN….PERLU SALING TOLONG MENOLONG  NGGAK YAAA…?

+ PERLUUUU…

BERARTI TOLONG MENOLONG DALAM BERBUAT BAIK, BOLEH NGGAK  ?

+ BOLEEEEH…

KALAU TOLONG MENOLONG DALAM BERBUAT JAHAT..?

+ TIDAK BOLEEEEH…

005:002 Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi'ar-syi'ar Allah [389], dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram [390], jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya [391], dan binatang-binatang qalaa-id [392], dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keredhaan dari Tuhannya [393] dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian(mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.

MELAKSANAKAN KESEPAKATAN DAN BERMUSYAWARAH DI LINGKUNGAN KITA ITU DIPERLUKAN NGGAK YAAA…?

+ PERLUUUUU…

003:159 Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu [246]. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.

LEMBAGA YANG MEMUTUSKAN BERDASARKAN MUSYAWARAH ITU NAMANYA APA YA ANAK ANAK…?

HAYO ADA YANG TAHU…?

ANAK ANAK PERNAH DENGAR NGGAK DI LINGKUNGAN KITA ADA KETUA RT…KETUA RW…PAK LURAH…PAK CAMAT...PAK BUPATI…PAK GUBERNUR…DAN BAPAK PRESIDEN..?

+ PERNAAAAH…

NAH SEMUA BAPAK BAPAK ITU DIPILIH KARENA MUSYAWARAH DAN KESEPAKATAN NGGAK…?

+ IYAAAA…

BERARTI KEPUTUSAN MEREKA PERLU KITA IKUTI NGGAK…?

+ PERLUUUU…

ITULAH NAMANYA ULIL AMRI…

004:059 Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur'an) dan Rasul (sunahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

BERARTI ANAK ANAK HARUS TUNDUK PATUH TAAT  DENGAN PERATURAN DI LINGKUNGAN KITA NGGAK…?

+ HARUS PATUUUUH…

KALAU ADA TULISAN DILARANG NGEBUT,,,?  NAIK MOTORNYA HARUS PELAN PELAN APA MALAH DIKEBUTIN…?

+ HARUS PELAN PELAAAAN

TRUS KALAU ADA TULISAN DILARANG BUANG SAMPAH DI TEMPAT SEMBARANGAN…? LALU ANAK ANAK BUANG SAMPAHNYA DIMANA

+ DI TEMPAT SAMPAAAH…

KALAU ADA TULISAN DILARANG MEROKOK…? BOLEH NGGAK MEROKOK DI TEMPAT ITU …?

+ NGGAK BOLEEEH

KALAU ADA TULISAN TOILET UNTUK  WANITA…? BOLEH NGGAK YANG LAKI LAKI MASUK ?

+ NGGAK BOLEEEH

NAH KALAU ADA TULISAN ANDA MEMASUKI KAWASAN TERTIB LALU LINTAS, HARUS PAKAI APA..?

+ PAKAI HELEEEEM…

NAH BERARTI KALAU KITA MENTAATI ULIL AMRI ( PEMERINTAH SETEMPAT ) BERARTI SEDANG MENTAATI SIAPA…?

+ ALLAH DAN RASULNYAAAA…

004:059 Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur'an) dan Rasul (sunahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

NAH, KALAU KITA MELANGGAR  ATURAN LINGKUNGAN SETEMPAT BERARTI MELANGGAR ATURAN SIAPA…?

+ ATURAN ALLAAAAH.
.
BERDOSA NGGAK..?

+ BERDOSAAAAA…

KALAU ANAK ANAK KU DILARANG MEMBAKAR PETASAN KARENA ADA ANAK KECIL YANG SEDANG SAKIT…?  LALU ANAK ANAK KU MASIH TETAP MEMBUNYIKAN PETASAN KEMUDIAN SI ANAK KECIL TADI MAKIN PARAH SAKITNYA GARA GARA GAK BISA TIDUR..KIRA KIRA BERDOSA NGGAK YAAA..?
+ BERDOSAAA…

KALAU KESEPAKATAN DI LINGKUNGAN KITA SERING SERING KITA LANGGAR, LAMA LAMA BISA NGGAK KITA DILAPORKAN KE POLISI..?

+ BISAAAAA

NAH ANAK ANAK KU…?  BUMI YANG BANYAK BUAH BUAHAN…HEWAN HEWAN …DAN TUMBUH  TUMBUHAN  ITU DICIPTAKAN OLEH SIAPA…?

+ ALLAAAAAH

013:004 Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebagian tanam-tanaman itu atas sebagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.

002:164 Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering) -nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

BERARTI DI BUMI INI TERDAPAT SUMBER APA….? HAYO ADA YANG TAHU…?  NAAAH, ANAK ANAK KU DI BUMI INI TERDAPAT SUMBER PENGHIDUPAN

007:010 Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi itu (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur.

BERARTI DI BUMI INI UNTUK HIDUPNYA SIAPA…?

+ MANUSIAAAA….

NAH..KALAU ADA ORANG YANG MERUSAK BUMI, YAITU TUMBUH TUMBUHAN DAN HEWAN NYA DI BINASAKAN…?  BERARTI DIA SEDANG MERUSAK KEHIDUPANNYA SIAPA…?

+ KEHIDUPAN DIRI SENDIRIIIII…

BERARTI BOLEH NGGAK MERUSAK TUMBUHAN DAN HEWAN YANG BERMANFAAT DI LINGKUNGAN KITA…?

+ NGGAK BOLEEEH

KALAU ANAK ANAK SUKA MUKUL ANJING.. MUKUL KUCING…MUKUL AYAM…BUNUH CICAK…?  KIRA KIRA YANG MARAH SIAPA…?

+ YANG MENCIPTAKAAAN…

NAH, ANAK ANAK KU…TUMBUHAN DAN HEWAN DI SEKELILING KITA HARUS DIPELIHARA NGGAK..?

+ HARUUUS…

SIAPAKAH KHALIFAH YANG MEWAKILI ALLAH UNTUK MEMELIHARA ALAM DAN HUKUM HUKUM ALLAH…?

+ MANUSIAAAA

035:039 Dia-lah yang menjadikan kamu khalifah-khalifah di muka bumi. Barang siapa yang kafir, maka (akibat) kekafirannya menimpa dirinya sendiri. Dan kekafiran orang-orang yang kafir itu tidak lain hanyalah akan menambah kemurkaan pada sisi Tuhannya dan kekafiran orang-orang yang kafir itu tidak lain hanyalah akan menambah kerugian mereka belaka.

009:112 Mereka itu adalah orang-orang yang bertobat, yang beribadat, yang memuji, yang melawat [662], yang ruku', yang sujud, yang menyuruh berbuat makruf dan mencegah berbuat mungkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang mukmin itu.

NAH BERARTI YANG MENJAGA ATAU YANG MEMELIHARA TUMBUH TUMBUHAN SERTA HEWAN MAUPUN BINATANG TERNAK YANG BERADA DI SEKELILING KITA ITU SIAPA…?

+ MANUSIAAAA…

KALAU ANAK ANAK SE ENAKNYA SENDIRI MELEMPAR MANGGA TETANGGA SEBELAH…KIRA KIRA DIMARAHIN NGGAK…?

+ DIMARAHIIIIN

KALAU MELEMPARNYA TERKENA GENTENG, LALU DIBAWAH GENTENG ADA ORANG LAIN YANG SEDANG LEWAT, DAN PECAHAN GENTENG MENIMPA KEPALA ORANG TERSEBUT LALU BERDARAH…?  KIRA KIRA ANAK ANAK DIHUKUM NGGAK…?

+ DIHUKUUUUM…

BERARTI ANAK ANAK BISA NGGAK DISEBUT SEBAGAI PERUSAK KETERTIBAN LINGKUNGAN….

+ BISAAAA

SEBALIKNYA KALAU ANAK ANAK INGIN MENJAGA DAN MEMELIHARA LINGKUNGAN HARUS BERBUAT APA…?

+ KASIH SAYANG SESAMA MANUSIAAAA…KASIH SAYANG DENGAN TUMBUH TUMBUHAN…KASIH SAYANG DENGAN HEWAN…DAN PATUH TAAT KEPADA HUKUM LINGKUNGAAAAAN…..

 ----------------------SELESAI---------------------------------------

 BUKU PINTER UNTUK PENGASUH :
 LINGKUNGAN SANGAT MENGIKAT DIRI SENDIRI …TIDAK BOLEH MEM BINASAKAN TUMBUHAN DAN BINATANG  2:205,  TIDAK BOLEH MASUK RUMAH TANPA IZIN / SALAM  24:27,  BILA TIDAK ADA PENGHUNI SEGERA TINGGALKAN  24:28,  TIDAK BOLEH MEMASUKI RUMAH DARI BELAKANG  2:189,   JIKA ADA YANG MENGHORAMATI / SALAM HARUS DIBALAS  4:86,  MENJUNJUNG TINGGI KESEPAKATAN  58:11,  SALING TOLONG MENOLONG BERBUAT BAIK  5:2,  MENGEDEPANKAN MUSYAWARAH  3:159,  KESEPAKATAN LINGKUNGAN ADALAH ULIL AMRI HARUS DITAATI  4:59,  HUKUM TERTULIS MAUPUN TIDAK , HARUS DITAATI SEPERTI DILARANG MEROKOK, DILARANG NGEBUT…DSB NYA… PENCIPTA TUMBUHAN, BUAH BUAHAN DAN HEWAN ADALAH ALLAH  13:4,  2:164,  TETAPI PENGOLAHAN DAN PEMELIHARAAN DISERAHKAN MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH, TERMASUK MEMELIHARA HUKUM  35:39,  9:112  MAKA LINGKUNGAN KITA ADALAH HUKUM KITA SENDIRI

TULISAN INI MASIH BERUPA KONSEP YANG HARUS DIKRITISI, DITAMBAH ATAU DIKURANGI OLEH TEMAN TEMAN DEMI KEMAJUAN AKHLAQ ANAK ANAK KITA, AMIN…….    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar