Kamis, 31 Maret 2011

Aku, Ortu dan Akhlaqku


MODUL ANAK-ANAK (1)


AKU…ORANG TUA KU…DAN AKHLAQ KU….

ANAK ANAK KU….?
SIAPAKAH YANG MENCIPTAKAN LANGIT, BUMI  DAN SEGALA ISINYA…?

+ ALLAAAAAH….

YOK KITA BUKA ALQURAN NYA….

002:117 Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "Jadilah". Lalu jadilah ia.

LALU YANG MENCIPTAKAN MANUSIA , SIAPAAA…?
+ ALLAH….
002:021 Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa.

SIAPA YAAA MANUSIA PERTAMA YANG DICIPTAKAN ALLAH….?

+ NABI ADAAAAM….

015:027 Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.
015:028 Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk.

NAH, ANAK ANAK KU ? NABI ADAM DICIPTAKAN DARI APA..? TANAH SAJA….ATAU TANAH LIAT ATAU JUGA TANAH LUMPUR…?

+ TANAH LIAT KERING DARI LUMPUR HITAM YANG DIBERI BENTUUUUUK….

KALAU TERBUAT DARI TANAH LIAT KERING, ATAU LUMPUR HITAM…? BERARTI TANAHNYA MENGANDUNG APA..?

+ AIIIIIIIIR….

BERARTI SELAIN TANAH, MANUSIA JUGA TERBUAT DARI APA…?

+ AIIIIIIIR….

025:054 Dan Dia (pula) yang menciptakan manusia dari air lalu dia jadikan manusia itu (punya) keturunan dan mushaharah [1071] dan adalah Tuhanmu Maha Kuasa.

BERARTI SECARA UMUM MANUSIA TERBUAT DARI APA….?

+ TANAH DAN AIIIIIR…

ITULAH ANAK ANAK KU….KITA MEMPUNYAI TANAH AIR INDONESIA, KARENA KITA DILAHIRKAN DI INDONESIA…..

023:012 Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah.

023:013 Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).


KEMUDIAN SETELAH TANAH DAN AIR…..KIRA KIRA DIJADIKAN APA…?  HAYO ADA YANG TAHU…????
YOK KITA LIHAT AYATNYA….

023:014 Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Suci lah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.

HAYO DIJADIKAN APA TADI…?

+ SEGUMPAL DARAAAH….LALU DIJADIKAN SEGUMPAL DAGIIING…LALU MENJADI TULANG BELULAAANG…KEMUDIAN DIBUNGKUS DENGAN DAGIIIIIING…..

SETELAH SEMPURNA MENJADI JASAD ( TULANG YANG DIBUNGKUS DENGAN DAGING )….KIRA KIRA ALLAH MENIUPKAN APA…?

+ ROOOOOOH…

032:009 Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalam (tubuh) nya roh (ciptaan) -Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur.

KEMUDIAN SETELAH ROH TADI, ALLAH BERIKAN APAA…?
+  PENDENGARAAAN…PENGLIHATAAAN.. DAN HATIIIII….

NAH SETELAH ITU ANAK ANAK DILAHIRKAN JADI APA…?

+ JADI BAYIIII….

022:005 Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah.

SEHABIS BAYI…BER ANGSUR ANGSUR JADI APA….??

+ DEWASAAAA…

SEBELUM DEWASA JADI APA…?

+ ANAK ANAAAAK….

002:132 Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Yakub. (Ibrahim berkata): "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam".

031:013 Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan (Allah) sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar".

031:014 Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun [1181]. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

PELAJARAN PERTAMA NABI IBRAHIM KEPADA ANAK ANAKNYA APA HAYO…

+ MEMELUK AGAMA ISLAAAAAM…

TERUS PELAJARAN LUKMAN KE ANAK ANAKNYA..?

+ TIDAK BOLEH MENYEKUTUKAN ALLAH DAN HARUS BERBUAT BAIK KEPADA ORANG TUAAAA…
KENAPA KITA DISURUH BERBUAT BAIK KEPADA ORANG TUA KITA…?  HAYO KENAPA…?  ADA YANG TAHU…???

+ KARENA ORANG TUA KITA YANG MELAHIRKAAAAAN…..

046:015 Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri".

031:014 Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun [1181]. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

YANG MENYUSUI KITA SIAPA….?

+ IBUUUUU….

YANG MENCARI MAKAN DAN PAKAIAN KITA SIAPA ?
+ AYAAAAAH…

002:233 Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang makruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan juga seorang ayah karena anaknya, dan waris pun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kepada

BERARTI ANAK ANAK MULAI BESOK BOLEH MEMBENTAK ORANG TUA, NGGAK…?
+ TIDAK BOLEEEEEH…

017:023 Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia [850]
.
017:024 Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".
SELAIN TIDAK BOLEH MEMBENTAK…? OLEH ALLAH DISURUH NGAPAIN HAYO..?

+ MERENDAHKAN DIRI…PENUH KESAYANGAN..DAN WAJIB MENDOAKAAAAN….

NAH, ANAK ANAK KU….AGAR KALIAN DEWASA NANTI MENJADI ORANG ORANG YANG BERILMU…KIRA KIRA SYARATNYA APA YAA…?

DISURUH NAKAL SEJAK KECIL, ATAU KAH DISURUH BERBUAT BAIK…?

+ BERBUAT BAIIIIIK….

012:022 Dan tatkala dia cukup dewasa [749] Kami berikan kepadanya hikmah dan ilmu. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.

ANAK ANAK KU, BERBUAT BAIK YANG PALING SEMPURNA APA YAA…? NAIK HAJI KE MEKAH, APA SEDEKAH KE TETANGGA…?
+ SEDEKAAAAAH…
003:092 Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebaikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.

BERARTI ANAK ANAK KU KALAU DISEKOLAH DISURUH ALLAH NGAPAIN…? PELIT, APA SUKA MEMBERI..?

+ SUKA MEMBERIIIII….

BERARTI KALAU PUNYA PERMEN…? MAU DIMAKAN SENDIRI, APA DIBAGIKAN  TEMAN TEMEN…?

+ DIBAGI BAGI….

SUPAYA APAAAA….?

+ SUPAYA KELAK MENJADI ORANG YANG PINTEEER

KALAU BERBUAT BAIK ITU MEMBUAT MANUSIA MENJADI PINTER…?

LALU BAGAIMANA KALAU ANAK ANAK BERBUAT JELEK…SEPERTI MERUSAK..MERUGIKAN HAK ORANG LAIN…? BOLEH NGGAK…?

+ TIDAK BOLEEEEEH….

011:085 Dan Syuaib berkata: "Hai kaumku, cukupkanlah takaran dan timbangan dengan adil, dan janganlah kamu merugikan manusia terhadap hak-hak mereka dan janganlah kamu membuat kejahatan di muka bumi dengan membuat kerusakan.

026:181 Sempurnakanlah takaran dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang merugikan;
026:182 dan timbanglah dengan timbangan yang lurus.
026:183 Dan janganlah kamu merugikan manusia pada hak-haknya dan janganlah kamu merajalela di muka bumi dengan membuat kerusakan;

BERARTI BOLEH GAK MERUSAK…?

+ TIDAK BOLEEEH…

APALAGI  NGEBOM YAH….KAN KASIHAN BANYAK ORANG TUA KITA YANG MENINGGAL….TRUS KALAU ORANG TUA KITA MENINGGAL ? ANAK ANAK IKUT SIAPA..?

SELAIN MERUSAK…?  APALAGI SIFAT SIFAT JELEK YANG TIDAK DISUKAI ALLAH……?  HAYO APALAGI…?
SIFAT IRI…DENGKI…PRASANGKA BURUK…MENCARI KESALAHAN ORANG LAIN…MENGGUNJING …MENCURI.. BERZINAH, MENGOLOK OLOK ORANG LAIN…MEMANGGIL NAMA YANG TIDAK PANTAS DAN MENGHINA SESEMBAHAN ORANG LAIN… BOLE H NGGAK…?

+ NGGAK BOLEEEEH…

004:032 Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebagian kamu lebih banyak dari sebagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bagian daripada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

002:090 Alangkah buruknya (hasil perbuatan) mereka yang menjual dirinya sendiri dengan kekafiran kepada apa yang telah diturunkan Allah, karena dengki bahwa Allah menurunkan karunia-Nya [71] kepada siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba-Nya. Karena itu mereka mendapat murka sesudah (mendapat) kemurkaan [72]. Dan untuk orang-orang kafir siksaan yang menghinakan.

049:012 Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.

005:038 Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

017:032 Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.

049:011 Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri [1410] dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman [1411] dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.

006:108 Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan. Demikianlah Kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. Kemudian kepada Tuhan merekalah kembali mereka, lalu Dia memberitakan kepada mereka apa yang dahulu mereka kerjakan.

BERARTI KALAU ANAK ANAK SUKA MEMBENTAK ORANG TUA…? SEDANG BERBUAT BAIK NGGAK…?

+ ENGGAAAAAAK….

KIRA KIRA KALAU ANAK TIDAK SUKA BERBUAT BAIK…?  MENJADI PINTER APA BODOH…?

+ BODOOOOOH…

KALAU SUKA MERUGIKAN ORANG LAIN…? MENJADI PINTER APA BODOH…?

+ BODOOOOH..

KALAU SUKA IRI, DENGKI, BERPRASANGKA BURUK, MENGGUNJING…MENGOLOK OLOK…MENCURI…BERZINA  DAN MENGHINA ORANG LAIN…?  KIRA KIRA ANAK ANAK TAMBAH PINTER APA TAMBAH BODOH….?

+ TAMBAH BODOOOOH…

KALAU SUKA BOHONG ATAU DUSTA..?  KIRA KIRA TAMBAH PINTER APA TAMBAH BODOH…?

+ TAMBAH BODOOOH…

TIDAK HANYA BODOH SAJA…BAHKAN MALAH HIDUPNYA GAGAL DAN MENJADI MISKIN, KALAU ANAK ANAK SUKA BOHONG ATAU MENIPU….

MAU NGGAK ANAK ANAK HIDUPNYA GAGAL…?

+ TIDAK MAUUUUU…
051:010 Terkutuklah orang-orang yang banyak berdusta,
051:011 (yaitu) orang-orang yang terbenam dalam kebodohan lagi lalai,
016:094 Dan janganlah kamu jadikan sumpah-sumpahmu sebagai alat penipu di antaramu, yang menyebabkan tergelincir kaki (mu) sesudah kokoh tegaknya, dan kamu rasakan kemelaratan (di dunia) karena kamu menghalangi (manusia) dari jalan Allah: dan bagimu azab yang besar.
  
-----------------------SELESAI-----------------------------------------------------------
   
BUKU PINTER UNTUK PENGASUH :
ALLAH PENCIPTA LANGIT DAN BUMI  2:117,  ALLAH CIPTAKAN MANUSIA  2:21,  MANUSIA PERTAMA NABI ADAM  15:27,  ADAM DICIPTAKAN DARI TANAH LIAT / LUMPUR  15:28,  MENGANDUNG AIR  25:54 ( TANAH AIR INDONESIA ),  PROSESNYA SEGUMPAL DARAH, DAGING, TULANG BELULANG, DIBUNGKUS DENGAN DAGING  23:12-14,  LALU DITIUPKAN ROH, PENDENGARAN, PENGLIHATAN, DAN HATI  32:9,  MENJADI BAYI BERANGSUR DEWASA  22:5,  MENJADI ANAK ANAK DAN MENDAPAT PELAJARAN ( IBRAHIM DAN LUKMAN ) MEMELUK AGAMA ISLAM  2:132,  TIDAK BOLEH SYIRIK DAN WAJIB BERBUAT BAIK KEPADA ORANG TUA  31:13,14,  ORANG TUA YANG MELAHIRKAN  46:15,  31:14,  IBU YANG MENYUSUI DAN AYAH YANG MENCARI MAKAN  2:233,  TIDAK BOLEH BENTAK ORTUDAN  WAJIB HORMAT SERTA DOAKAN ORTU  17:23,24,  JIKA BERBUAT BAIK MAKA MENJADI ORANG PINTER  12:22,  BERBUAT BAIK YANG SEMPURNA ADALAH SEDEKAH ATAU MEMBERI  3:92, 
MAKA DARI KECIL DIAJARIN UNTUK  BERBAGI PERMEN….SEBALIKNYA TIDAK BOLEH MERUGIKAN HAK MANUSIA DAN MEMBUAT KERUSAKAN  11:85,  26:181-183,  TERMASUK BERPRASANGKA BURUK, MENGGUNJING, MENCARI KESALAHAN ORANG  49:12,  TIDAK BOLEH MENCURI  5:38,  BERZINA  17:32,  IRI HATI  4:32,  DENGKI  2:90,  MENGOLOK OLOK DAN MEMANGGIL YANG TDK PANTAS  49:11,  TIDAK BOLEH MENGHINA SESEMBAHAN ORANG LAIN  6:108,  TIDAK BOLEH BOHONG ATAU DUSTA YANG MEMBUAT ANAK MENJADI BODOH  51:10-11,  ATAU ANAK MENJADI GAGAL DALAM HIDUPNYA KELAK  16:94

TULISAN INI MERUPAKAN KONSEP YANG MASIH PERLU PENYEMPURNAAN….MOHON KIRANYA PEMBACA DAPAT MEMBERIKAN MASUKAN DEMI SUKSESNYA ANAK ANAK KITA…AMIN ALLAHUMMA AMIN….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar